ENAM ORANG PANTARLIH DILANTIK OLEH PPS DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KUWARASAN

ENAM ORANG PANTARLIH DILANTIK OLEH PPS DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KUWARASAN

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tambaksari, Minggu (12/02/2023) melaksanakan Pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Desa Tambaksari untuk Kegiatan Pemilihan Umum Tahun 2024.  Acara pelantikan dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Pendopo Balai Desa Tambaksari dan dihadiri oleh Kepala Desa Tambaksari, PPS dan Sekretariat, Calon Pantarlih, Rohaniwan, Panwaslu Desa, dan PPK Kuwarasan.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Desa Tambaksari dilantik oleh Ruri Suradi selaku Ketua PPS, atas nama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen. Adapun Petugas Pantarlih yang dilantik adalah sebanyak 6 (enam) orang, sesuai dengan jumlah alokasi TPS yang ada di Desa Tambaksari berdasarkan hasil pemetaan TPS dari KPU. Selanjutnya, para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang telah dilantik akan melaksanakan tugasnya mulai tanggal 12 Februari 2023 sampai 14 April 2023 sesuai dengan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen Nomor 10 Tahun 2023. Adapun daftar nama Pantarlih Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan untuk Kegiatan Pemilihan Umum Tahun 2024 adalah sebagai berikut, Lusi Widia Yanti Pantarlih untuk TPS 1, Desi Kristanti Pantarlih untuk TPS 2, Abdul Rohman Pantarlih untuk TPS 3, Nur Widi Hidayat Pantarlih untuk TPS 4, Supriani Pantarlih untuk TPS 5, dan Tri Tunggal Sayekti Pantarlih untuk TPS 6.

Setelah usai Pelantikan Pantarlih, selanjutnya dilaksanakan Apel Kesiapan Pantarlih yang bertempat di halaman Sekretariat PPS Desa Tambaksari. Apel dihadiri oleh Kepala Desa, Pantarlih, PPS dan Sekretariat, serta Tokoh Agama dan dimulai sekitar pukul 08.45 WIB. Bertugas selaku Pembina Apel adalah Ketua PPS Desa Tambaksari, dan Gugun Maiman, Anggota PPS Desa Tambaksari sebagai Pemimpin Apel. Dalam Apel tersebut dibacakan oleh Pembina Apel, Sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. Dalam sambutan Ketua KPU RI tersebut disampaikan beberapa hal yang harus dicermati dan dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih agar pelaksanaan tugas sebagai Pantarlih berjalan dengan lancar dan baik hasilnya. Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum dan menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya akan terganggu. Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Selanjutnya, acara ketiga yang merupakan rangkaian kegiatan Pelantikan Pantarlih adalah Bimbingan Tekhnis Pantarlih oleh Panitia Pemungutan Suara. Acara dihadiri oleh Kepala Desa Tambaksari, PPS dan Sekretariat, dan Para Pantarlih.  Bimbingan Tekhnis dilaksanakan untuk memberikan pembekalan materi yang harus dipahami oleh Pantarlih sebelum melaksanakan tugas di wilayah kerjanya. Selain itu, disampaikan pula tentang penggunaan aplikasi e coklit sebagai salah satu instrumen berbasis aplikasi android yang harus dikuasai oleh pentarlih. Sebab, selain melakukan pemutakhiran data dengan mengisi formulir pendataan berupa hard copy, pantarlih juga melakukan pengisian data menggunakan HP Android melalui aplikasi tersebut. Dijelaskan pula oleh Ibu Hudaibiyah selaku anggota PPS Desa Tambaksari, terkait cara pengisian laporan hasil coklit yang harus dibuat oleh pantarlih. Setiap harinya, pantarlih harus membuat laporan harian hasil coklit sesuai dengan format isian yang ada pada buku panduan pantarlih. (Red/Desa Online)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2