TIM P2KP DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KUWARASAN IKUTI LOMBA TINGKAT KABUPATEN KEBUMEN

TIM P2KP DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KUWARASAN IKUTI LOMBA TINGKAT KABUPATEN KEBUMEN

Serangakain acara dan persiapan telah dilaksanakan oleh Tim Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan, dalam rangka pelaksanaan lomba P2KP di Tingkat Kabupaten Kebumen. Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 30 September 2021 bertempat di Rumah Bibit P2KP yang berlokasi di Dukuh Jaraksari RT 01 RW 04 Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Penilai dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Kuwarasan. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua Tim P2KP Desa Tambaksari, Tim P2KP dari 9 RT di Desa Tambaksari, Pemerintah Desa Tambaksari, Ketua TP PKK beserta pengurusnya, dan perwakilan dari kelembagaan RT/RW.

Kegiatan lomba dimulai pada pukul 13.30 WIB dan diawali dengan penilaian administrasi (pembukuan) yang ada di masing-masing kelompok P2KP di tingkat RT. Selain penilaian administrasi, dilakukan pula penilaian keanekargaman tanaman yang dibudidayakan oleh Tim P2KP baik yang ditanam kebun bibit maupun di kebun tanaman yang ada di masing-masing wilayah RT. Untuk peninjauan di kebun yang berada di lingkungan RT diambil sampel sebanyak 7 lokasi kebun tanaman dari total kebun sebanyak 9 lokasi yang tersebar di masing-masing wilayah RT.

Tim P2KP beserta anggotanya melaukan inovasi dan kreasi dengan melakukan produksi dan pengolahan  makanan dan minuman dengan bahan baku dari hasil budidaya tanaman yang dilakukan oleh Tim P2KP di masing-masing RT. Produk makanan yang dihasilkan diantaranya berupa sistik sayur (bayam merah), cendol waluh, dan keripik bayam. Sedangkan untuk produk minuman diantaaranya telang jeruk nipis, jahe sereh, pakcoy nanas, rolade daun kelor, dan nugget daun kelor. Selain dibuat produk makanan dan minuman, hasil panen dari tanaman kebun P2KP sebagian ada juga yang dijual dan hasilnya dimasukan ke dalam kas di masing-masing RT.  Adanya produk inovasi dan kreasi tersebut diharapkan dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian lomba yang dilakukan oleh tim penilai dari tingkat kabupaten dan dapat memperbesar peluang untuk meraih peringkat juara dalam lomba P2KP tingkat Kabupaten Kebumen. (Red_Operator Desa Online)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2