TIM P2KP DESA TAMBAKSARI AKAN MEWAKILI KECAMATAN KUWARASAN DALAM LOMBA P2KP TINGKAT KABUPATEN KEBUMEN

TIM P2KP DESA TAMBAKSARI AKAN MEWAKILI KECAMATAN KUWARASAN DALAM LOMBA P2KP TINGKAT KABUPATEN KEBUMEN

Hari ini Kamis (02/09/2021) bertempat di rumah bapak Kepala Desa Tambaksari, Rasipan,S.Pd sekitar pukul 13.15 WIB Tim Penggerak PKK dan Tim P2KP Desa Tambaksari mendapat kunjungan dinas dari petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP) UPT Dinas Pertanian dan Pangan Kecamatan Kuwarasan. Hadir dalam Kunjungan tersebut, bapak Junanto beserta tim dari BPP Kecamatan Kuwarasan, Kepala Desa Tambaksari, Ketua TP PKK, Ketua P2KP Desa Tambaksari beserta pengurus di masing-masing RT. Kedatangan tim tersebut bermaksud untuk melakukan peninjauan kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan penanaman berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pendapatan keluarga melalui penjualan hasil kebun yang dikelola oleh tim yang sudah dibentuk. Kegiatan ini dilaksanakan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tambaksari yang dikoordinir oleh Ibu Siti Yatimah,S.Pd selaku Ketua TP PKK dan Ibu Hj Ramiyati,S.Pd selaku Ketua Tim P2KP Desa Tambaksari. Selain itu, kedatangan tim dari BPP Kecamatan Kuwarasan bermaksud untuk melakukan monitoring kesiapan dari Tim P2KP Desa Tambaksari yang akan mengikuti Kegiatan Lomba di Tingkat Kabupaten Kebumen mendatang, sebagai perwakilan dari Kecamatan Kuwarasan.

Kegiatan P2KP di Desa Tambaksari saat ini telah dilaksanakan menyeluruh di masing-masing lingkungan Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Tambaksari sebanyak 9 RT berupa pengadaan kebun tanaman sayur-sayuran dan warung hidup. Adapun kegiatan pokok berpusat di kebun utama kegiatan P2KP Desa Tambaksari yang berada di wilayah RT 01/04 dan diberi nama Arum Sari. Kebun utama ini berfungsi sebagai penyedia bibit bagi kebun sayuran yang ada pada tiap-tiap RT, dan sebagai penyedia komoditi sayuran antara lain berupa Kangkung, Cabai, Terung, Caisin, Seledri, Jahe Merah, serta jenis komoditi sayuran dan tanaman obat lainnya.

Keberadaan kebun sayuran yang ada di masing-masing RT diharapkan dapat berlangsung secara kontinu dan berkelanjutan, sebagai penopang peningkatan perekonomian di lingkungan masing-masing. Hal tersebut dikarenakan apabila kebun sayuran yang ada di masing-masing RT dikelola dengan serius dan sunggu-sungguh, maka hasilnya dapat digunakan sebagai konsumsi bagi warga setempat maupun dapat dijual, hasil penjualannya sebagian digunakan untuk kas RT dan sebagian lagi dapat dibagi untuk tambahan penghasilan bagi ibu-ibu yang ikut aktif terlibat dalam kegiatan P2KP di masing-masing lingkungan.

Agar memudahkan dalam penyebutan nama kebun sayuran, kebun sayur di masing-masing RT diberi nama dengan nama pokok mengikuti nama kebun utama, yakni Arum Sari. Penamaan dimulai dari RT 01/01 sampai dengan RT 02/04 dengan nama Arum Sari 1, Arum Sari 2, dan seterusnya sampai Arum Sari 9.  Kebun sayur-sayuran di masing-masing RT ditanami berbagai macam jenis sayur-sayuran dan tanaman obat dengan bentuk kebun berbeda-beda sesuai kreatifitas dan inovasi dari masing-masing lingkungan RT.

Pemerintah Desa mendukung dan memberikan suport yang baik terhadap pelaksanaan kegiatan P2KP yang dilaksanakan oleh TP PKK dan Tim P2KP Desa Tambaksari. Hal ini dibuktikan dengan adanya anggaran dari Dana Desa yang dialokasikan oleh Pemerintah Desa guna menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut.  Alokasi Anggaran tersebut telah dituangkan dalam APBDesa Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 13.718.000,- (Tiga Belas Juta Tujuh Ratus Delapan Belas Ribu Rupiah) melalui kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk pengadaan sarana dan prasarana rumah bibit P2KP Desa Tambaksari. Selain itu,  Anggaran Dana Desa sebesar Rp 4.875.000 (Empat Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) juga digelontorkan oleh Pemerintah Desa Tambaksari melalui APBDesa Tahun Anggaran 2021 untuk pengadaan bibit sayur-sayuran dan pupuk organik cair sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan P2KP di Desa Tambaksari. Red (Operator Desa Online_Tambaksari)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2