TRANSPARANSI UJIAN SELEKSI PERANGKAT DESA TAMBAKSARI

TRANSPARANSI UJIAN SELEKSI PERANGKAT DESA TAMBAKSARI

Tambaksari (Red/Desa Online), Tim Pengangkatan Perangkat Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, pada hari Selasa (20/12/2022) telah melaksanakan Ujian Seleksi Perangkat Desa Tambaksari. Ujian seleksi tersebut dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan yang mengalami kekosongan pada beberapa bulan yang lalu.

Sebelum Ujian Seleksi dilaksanakan, pada malam hari H menjelang Ujian Tim Penyusunan Soal Ujian melakukan Penyusunan Soal di Balai Desa Tambaksari dengan diawasi oleh Pihak Forkompincam Kuwarasan dari awal hingga selesainya pembuatan soal ujian. Tim Penyusunan Soal sebelum memasuki ruang yang disediakan diperiksa dan dipastikan tidak membawa konsep soal dari luar, sehingga seluruh soal yang ada pembuatannya di dalam ruangan pembuatan soal. Selain itu, Tim Penyusunan Soal Ujian juga dilarang membawa Hand Phone kedalam ruangan, Seluruh HP diminta dan disimpan oleh Petugas Keamanan dari Polsek Kuwarasan hingga terselesaikannya seluruh soal ujian pada hari Selasa Pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Ujian Seleksi Meliputi Ujian Tertulis, Praktek, dan Wawancara, dengan pelaksanaan ujian pada 2 (dua) tempat, yaitu di Balai Desa Tambaksari dan di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Al-Kamal Desa Tambaksari. Ujian yang dilaksanakan di Balai Desa Tambaksari meliputi Ujian Tertulis, Praktek Pidato, dan Wawancara. Sedangkan untuk Ujian Praktek Komputer dilaksanakan di BLKK Pondok Pesantren Al-Kamal Desa Tambaksari. Ujian Praktek Komputer dilaksanakan terpisah dikarenakan sarpras komputer yang tidak memungkinkan. Selain itu, juga untuk memastikan bahwa setiap peserta ujian mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang sama pada saat mengikuti Ujian Praktek Komputer.

Pelaksanaan Ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai sekitar pukul 15.30 WIB. Ujian pertama yang dilaksanakan yaitu ujian tertulis, kemudian berturut-turut praktek komputer, praktek Pidato, dan wawancara. Namun, sebelum dilaksanakan praktek komputer, dilaksanakan terlebih dahulu koreksi jawaban ujian tertulis. Sebagai wujud transparansi dari Tim Pengangkatan Perangkat Desa, koreksi nilai ujian tertulis dilakukan langsung oleh masing-masing peserta ujian dengan mengkoreksi hasil pekerjaannya sendiri dan disaksikan oleh Tim Seleksi. Dengan demikian setiap peserta dapat langsung mengetahui berapa nilai ujian tertulisnya sendiri-sendiri. Setelah selesai tahap koreksi, hasilnya ditulis dalam rekap nilai yang kemudian ditanda tangani oleh semua peserta ujian dan tim pengangkatan perangkat desa. Proses tersebut dilaksanakan untuk keseluruhan jenis ujian yang dilaksanakan oleh Tim Seleksi. Sehingga hasil nilai dari masing-masing peserta ujian adalah benar-benar murni nilai mereka masing-masing dan tidak ada rekayasa ataupun permainan nilai ujian oleh Tim Seleksi. 

Setelah dilaksanakan rekap nilai akhir dari kelima peserta ujian, diperoleh nilai peringkat tertinggi oleh Hasnah Purnandari dengan perolehan nilai 67,3.  Peringkat kedua diperoleh Dicky Dewan Daru dengan nilai 55,5. Berikutnya, Peringkat Ketiga diperoleh Rizka Imam Subhi dengan nilai 53,8. Peringkat Keempat Bagus Wira Dikusuma dengan nilai 51,1. Sedangkan untuk Peringkat Kelima diperoleh Ugan Dias Prayitno dengan nilai 45,3.

Dari hasil perolehan nilai tersebut, maka oleh Pemerintah Desa Tambaksari diusulkan Rekomendasi kepada Camat untuk selanjutnya akan dilaksanakan Pelantikan Perangkat Desa dengan Peringkat Urutan Nomor 1 yaitu atas nama Hasnah Purnandari. Pelantikan direncanakan oleh Pemerintah Desa Tambaksari akan dilaksanakan pada Hari Selasa, 27 Desember 2022 mendatang bertempat di Pendopo Balai Desa Tambaksari.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2